Suksesnya Kethoprak “Mas Timun”, Menggundang Gelak Tawa Penonton


KEBUMEN – Pada Bulan Ramadhan tahun ini, MTsN 1 Kebumen menjalankan program mabit bagi para siswa/i program Full Day School. Dalam acara mabit kali ini, terdapat berbagai macam perlombaan salah satunya lomba kethoprak berbahasa Jawa yang diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8 program FDS. Perlombaan kethoprak ini dilaksanakan di Aula MTsN 1 Kebumen dengan latar suasana malam hari. Namun dari sekian banyaknya pementasan kethoprak, ada salah satu kethoprak yang mengundang canda tawa bagi seluruh penonton, dengan judul kethoprak Mas Timun.

Kethoprak Mas Timun yang sukses menghibur para hadirin, tak terlepas dari pemeran aktor-aktornya yang hebat. Aktor-aktor hebat yang berhasil mendalami perannya berasal dari kelas VIII- E. Salah satu tokoh yang banyak mengundang gelak tawa hadirin adalah tokoh Buto Ijo, yang diperankan oleh Aurio Nayaka Belva. Tubuh yang dibalut dengan cat berwarna hijau, dan penampilan yang unik serta mengharuskan mirip seperti monster, membuat Rio harus melakukan itu semua demi kepuasan para penonton.

“Senang rasanya bisa jadi Buto Ijo, menyenangkan juga bisa kejar-kejaran. Awal tampil emang udah niat mau menghibur para penonton dengan penampilan yang unik. Walaupun ujung-ujungnya catnya susah hilang,” ujar Rio pemeran Buto Ijo. (17/4/23)

Selain tokoh Buto Ijo, dalam kethoprak  Mas Timun juga terdapat tokoh Mas Timun yang diperankan oleh Saesa Pekik Triyoga, tokoh Mbah Lanang oleh Muhammad Satya Abhitah, Kyai oleh Ahmad Raunaq Indrabig, dan Angger Adinata Yusuf sebagai narator.

Suksesnya pementasan kethoprak Mas Timun juga berkat ide kreatif sang sutradara. Saesa, sapaan akrab dari sutradara kethoprak Mas Timun sekaligus salah satu tokoh utama mengatakan bahwa kethoprak Mas Timun ini terinspirasi dari cerita timun mas, akan tetapi karena cerita terlalu monoton dan tidak ada hiburannya jadi ada ide untuk merombak cerita menjadi komedi, juga kan tadinya timun mas perempuan di cerita ini diganti mas timun seorang laki-laki.

“Dalam pementasan kethoprak kali ini kami pembawaanya santai, bahkan terasa seperti tidak ada kendala. Untuk persiapan mungkin hanya sekedar menghafalkan naskah lalu kami akting sesuka hati kami,” kata Saesa sebagai sutradara. (17/4/23)

Tak terlupa juga, para pembuat properti dan penyusun backsound juga terlibat dalam suksesnya pementasan kethoprak Mas Timun. Dengan kerja sama dan kerja keras tim, kethoprak Mas Timun memperoleh penghargaan kethoprak terbaik nomor dua dari empat kethoprak yang ada. Walaupun belum mendapatkan nomor terbaik I, akan tetapi kethoprak Mas Timun telah berhasil memberikan wajah ceria dan senang bagi seluruh hadirin yang menyaksikan pertunjukan kethoprak tersebut.

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN