Studi Lapangan Kelas Riset MTsN 1 Kebumen di Geo Park Karangsambung


Kebumen_Untuk merealisasikan program FDS Riset dan Program Khusus Kelas Riset, MTsN 1 Kebumen mengadakan Program Kunjungan Riset ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Karangsambung. Dahulu lembaga ini  lebih  dikenal dengan nama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Karangsambung Kabupaten Kebumen.

Kunjungan yang dilakukan pada Sabtu, (18/06/22), adalah dalam rangka Geo Edukasi Kebumian dan Intensive Coaching for Writing Research. Kegiatan ini diikuti  oleh kelas VII dan VIII Program Khusus Riset dan FDS Kelas Riset dan dengan total 160 siswa dan 17 guru pendamping.

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala MTsN 1 Kebumen, Sugeng Warjoko, disambut oleh Kepala Desa Karangsambung, Sentot Kusworo dan narasumber dari BRIN, Ir. Chusni Ansori, ST., MT. Kegiatan diisi dengan sesi pemaparan materi batuan Karangsambung yang dikenal sebagai Taman Geopark Karangsambung bertempat di ruang pendopo. Selanjutnya, peserta didik  melanjutkan kunjungan ke berbagai lokasi di wilayah Kecamatan Karangsambung untuk mengamati dan meneliti berbagai jenis batuan yang ada di situs geopark tersebut.  

Dalam sambutannya  Kepala MTsN 1 Kebumen, Sugeng Warjoko  memberikan apresiasi bentuk kegiatan lapangan ini dan berharap agar dapat menumbuhkan semangat dan jiwa peneliti bagi peserta didik. “Mereka akan belajar mengamati dan menemukan suatu masalah lalu memberi  kesimpulan yang valid serta solusi  dalam menghadapi berbagai masalah kehidupan sehingga muncul generasi bangsa yang dapat memberi sumbangsih untuk kemajauan bersama,” pesannya. (isu)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN