Sosialisasi dan Koordinasi Pendidikan Lanjutan ke Madrasah Unggulan Nasional


Kebumen_Dalam rangka menyukseskan program wajib belajar 12 tahun, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen pada awal semester genap 2023 mengadakan rapat koordinasi dengan orang tua peserta didik. Acara ini dilaksanakan pada hari Jumat (13/01/23) bertempat di Aula Madrasah.

Rapat koordinasi ini dalam rangka persiapan seleksi peserta didik Matansa untuk PPDB di madrasah unggulan nasional, khusunya MAN IC dan MAN PK. Kegiatan ini diikuti oleh orang tua wali peserta didik sebanyak 68 orang, yang terdiri dari 45 calon siswa mendaftar ke MAN IC dan 23 siswa ke MAN PK. Hadir pula para guru pendamping dari guru BK.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, khusus bagi peserta didik kelas IX yang memenuhi syarat, pada kegiataan ini mengikuti kegiatan persiapan seleksi lanjutan ke sekolah atau madrasah unggulan. Kegiatan diawali pemaparan dari Waka Kurikulum, Suyitman menyampaikan tahapan-tahapan proses seleksi dari awal hingga akhir, pengumuman penerimaan seleksi tahun ini di jadwalkan tanggal 16 Maret 2023.

Data peserta didik Matansa yang diterima tahun lalu di MAN IC dan MAN PK cukup menggembirakan. Tahun 2020 ada 11 peserta didik yang diterima di MAN IC, tahun 2021 ada 8 peserta didik dan 2022 ada 9 peserta didik. Untuk MAN PK yang diterima tahun 2020 sebanyak 2 peserta didik, tahun 2021 sebanyak 3 peserta. Selain itu ada juga siswa yang diterima di Sekolah Unggulan CT Arsya Fondatioan, tahun lalu sebanyak 7 peserta didik.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan  pembekalan, motivasi dan pengarahan yang disampaikan oleh  Kepala MTsN1 Kebumen, Fitriana Aenun. Dalam pengarahannya Kepala Madrasah berharap agar peserta didik segera bersiap dan semangat untuk meniti jenjang pendidikan berikutnya, bersaing dalam skala nasional dengan harapan  menjadi insan cendekia yang unggul dan berkarakter kuat sebagai generasi muslim penerus bangsa.

Motivasi, koordinasi, dan pembekalan juga dilakukan dengan orang tua/ wali calon peserta didik. Fitriana Aenun menyampaikan terimakasih kepada wali peserta didik yang telah  andil memotivasi dan mendukung putra-putrinya dalam rangka meniti jenjang pendidikan berikutnya. pada tahun ini diharapkan jumlah yang akan diterima lebih banyak dari tahun sebelumnya. 

Pihak madrasah menyadari bahwa peran orang tua sangat menentukan untuk mendukung dan mendampingi putra-putri mereka dalam proses tahapan seleksi masuk madrasah-madrasah unggulan tersebut,” tegas Aenun.

Selanjutnya, Fitriana Aenun juga menyampaikan bahwa untuk tahun ini, ada lima calon peserta didik dari Matansa yang mendaftar di sekolah Unggulan SMA Taruna Nusantara di Magelang. (Is/Sl)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN