Siswa MTsN 1 Kebumen Lolos Seleksi SMA Taruna Nusantara


Kebumen_Rakha Deva Atallah, siswa MTsN 1 Kebumen dari Program FDS  lolos Pantukhir SMA Taruna Nusantara tahun ajaran 2024/2025. Rakha menjadi peserta didik pertama Matansa yang masuk SMA Taruna Nusantara di Magelang.

Rakha berhasil melalui  beberapa tahap seleksi. Seleksi administrasi, rata-rata rapor mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika dari semester 1-4 minimal 85. Selanjutnya, seleksi akademik tahap 1, tes CBT  online  maple Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika.

Berikutnya,  tahap pemeriksaan kesehatan  di Laboratorium Prodia terdekat, meliputi rontgen, cek tinggi dan berat badan, serta tes penglihatan. Tahap selanjutnya wawancara  melalui zoom, tentang motivasi, penyelesaian masalah, orang tua, dan bercerita kegiatan harian dengan Bahasa Inggris

Terakhir adalah seleksi tahap 2 dilaksanakan secara offline. Casis menginap di kota yang sudah ditentukan selama 3 hari untuk mengikuti tes akademik soal 4 mapel seperti pada tahap 1 dengan membawa laptop sendiri. Hari kedua menyelesaikan soal-soal psikotes  dan hari ketiga adalah tes fisik, Casis melaksanakan tes lari, pull up, push up, sit up, dan shuttle run.

“Alhamdulillah bisa lolos menjadi siswa SMA Taruna Nusantara Angkatan 35. Terimakasih kepada Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik dan mendukung saya selama belajar di MTsN 1 Kebumen,” katanya.

Plh Kepala MTsN 1 Kebumen, Mokh. Arifin menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas keberhasilan siswanya tersebut.

“Semoga memotivasi dan menjadi  pioner untuk adik-adik kelasnya sehingga semakin banyak alumni yang tersebar dan diterima di madrasah atau sekolah unggulan termasuk di SMA Taruna Nusantara,” ujarnya.

Keberhailan Rakha menambah catatan alumni yang masuk ke madrasah/sekolah unggulan. Sebelumnya, sebanyak 13 siswa kelas 9 MTsN 1 Kebumen tahun ini telah dinyatakan  lolos Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dan Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK) tahun pelajaran 2024/2025.

Hasil ini kembali mengukuhkan MTsN 1 Kebumen (Matansa) menjadi peringkat pertama dengan jumlah siswa terbanyak di Jawa Tengah yang lolos dan diterima di MAN Insan Cendekia baik Serpong, Pekalongan, hingga MAN IC Batam.

Dari 13 peserta didik yang lolos SNPDB tersebut, 4 siswa diterima di MAN Serpong. MAN IC Pekalongan sebanyak 5, satu  MAN IC Batam dan dua pesdik diterima di MAN IC Pasuruan, Jawa Timur.  Satu siswaditerima di MAN IC Tanah Laut Kalimantan dan dua  siswa di MAN PK Surakarta MAN PK Yogyakarta. Beberapa peserta didik lainnya juga sudah diterima di SMA Unggulan CT Arsa Surakarta, MAN 1 Yogyakarta dan beberapa madrasah lain.

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN