Outing Class, Kelas Bilingual Matansa Ngobrol dengan Turis Bule


Kebumen_Program Khusus (PK) Kelas Bilingual MTsN 1 Kebumen mengadakan Kegiatan di Luar Kelas (Outing Class). Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (14/1/2023). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta didik PK Bilingual, sebanyak 93 siswa dari kelas VII, VIII, dan IX ini didampingi oleh guru-guru bahasa pada kelas tersebut.

Rombongan berangkat dari madrasah menggunakan tiga bus pada pukul 07.00 dan kembali sekitar pukul  17.00 WIB. Lokasi yang dipilih adalah Kota Yogyakarta, tepatnya di Candi Prambanan dan Malioboro. Sesuai dengan tujuan kegiatan yaitu untuk melatih dan membiasakan peserta didik agar mampu dan terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan penutur aslinya. Kedua tempat itu dipilih karena dipastikan banyak turis asing (mancanegara) yang bisa diajak berbincang dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Model kegiatan ini dibuat dalam kelompok-kelompok kecil, baik dalam praktik berkomunikasi di lapangan maupun dalam pembuatan laporan. Suasana kegiatan dibuat secara santai untuk mempraktikkan materi yang sudah dipelajari di kelas.

Dalam arahannya, Kepala MTsN 1 Kebumen, Fitriana Aenun menekankan pentingnya kemampuan lisan terutama dalam berbahasa asing, untuk menghadapi persaingan hidup global seperti era sekarang dan di masa mendatang.

“Dengan kegiatan Outing Class  ini kita berharap semoga dapat menjadi sarana dan pengalaman nyata yang menambah keberanian dan keterampilan peserta didik dalam berbahasa Inggris sebagai bekal konkret ke masa depan,” tambahnya.

Sementara itu, Ari Endah Miyosi, S.Pd selaku ketua panitia berharap agar peserta didik bisa memanfaatkan kesempatan tersebut secara maksimal, mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris yang sudah dipelajari di kelas sambil menikmati suasana rileks dan mendapat ilmu di lingkungan yang nyata suasana keramaian di luar kelas. (Is/Sl)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN