Nasi Proposal Meriahkan Bazar Kuliner Milad Matansa


Kebumen_Peringatan Milad Matansa yang ke-54, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen, salah satunya dimeriahkan dengan adanya bazar kuliner yang diikuti oleh peserta didik kelas 9. Bazar kuliner berlangsung dua hari Rabu dan Kamis (25 – 26/1/2023).

Salah satu stan bazar kuliner yang cukup meriah adalah dari kelas 9B. Sekretaris Bazar 9B, Asyam Putra Rayzan menyampaikan bahwa acara bazar kuliner ini sangat disukai oleh para peserta didik. Menurut Asyam dengan adanya bazar kuliner ini mereka bisa berlatih usaha wiraswasta. Terlihat mana yang bakat dan bisa berjualan dengan baik dan mana yang tidak tertarik untuk berjualan. Mereka akan kelihatan, mana yang bisa dan biasa memasak dan mana yang cocok dalam hal pemasaran.

Peserta didik juaga belajar menjadi pengusaha kecil-kecilan. Usaha yang dilakukan para peserta didik kelas 9B untuk membuat kegiatan bazar kuliner ini sukses adalah dengan mencari cara untuk membuat tampilan dagangan yang terbaik, rasa, dan wadah yang menarik. Tidak ketinggalan yang peanting juga adalah promosi.

"Kita juga membuat dekorasi yang tidak terlalu rumit, tapi cukup menarik. Kami berbagi tugas, ada yang bagian masak, ada yang teriak-teriak memasarkan, mengantarkan, dan ada juga yang bagian menerima pesanan  dan menerim pembayaran," tambah Asyam.

Proses dan kerja keras yang dilakukan oleh 9B selama bazar kuliner dimulai pada Selasa sore dengan merapihkan meja dan kursi untuk stan dan Rabu pagi mulai mendekor stand mereka yang dimulai pukul setengah 7 sampai pukul 8 pagi. Dilanjut masak dan melayani pembeli.

Ada yang unik dari kelaas 9B, makanan ada yang dimasak di kelas, menu  Nasi Proposal. Sementara menu lainnya  cukup dimasak langsung di stan. Kasirnya menggunakan laptop supaya lebih cepat dan mudah, ada petugas yang khusus memasukkan data dan ada yang khusus bagian uang kembalian.

Bazar kuliner yang hanya dua hari ini ternyata membawa keuntungan lumayan.  Keuntungan yang didapat oleh kelas 9B sekitar Rp600 ribu dari pendapatan total sebanyak Rp2,6 juta dengan modal sebesar 2 juta berasal dari kas dan iuran siswa. Nasi Proposal merupakan menu favorit dari sekian menu yang ada.  Hanya dua hari, itu pun sekitar pukul 12.00 pasti sudah sold out, Nasi Proposal terjual hinga sebanyak 200 porsi.

Tim peliput: Kelas 8F

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN