MTsN 1 Kebumen Raih Penghargaan Literasi di Launching 1000 Buku


Kebumen, Jum'at (19/07/2024) MTsN 1 Kebumen mengadakan Launching Seribu Buku dan menerima  penghargaan  literasi. Penghargaan Madrasah Aktif Pengerak Literasi dan guru serta siswa aktif penggerak literasi diserahkan langsung oleh Kepala Disarpus Kebumen Sigit Dwi Purnomo, . A.Pi.Msi di halaman madrasah.

Dalam acara yang diikuti oleh seluruh siswa dan guru Matansa tersebut, turut hadir  Bunda Literasi Kabupaten Kebumen, Hj.Iin Windarti Arif Sugiyanto, dan undangan perwakilan dari beberapa  madarasah/sekolah  tetangga. 

MTsn 1 Kebumen mempunyai program literasi yang mewajibkan setiap anak untuk menuliskan karya berupa puisi atau cerpen berdasarkan pengalamannya sekolah di MTsN 1 Kebumen. Dari karya-karya tersebut kemudian diterbitkan menjadi buku cetak bekerja sama dengan penerbit.

Kepala Disarpus Kebumen Sigit Dwi Purnomo mendukung gerakan literasi di MTsN 1 Kebumen. Menurutnya, hasil karya siswa tersebut akan menambah daftar koleksi buku di perpustakaan daerah. Dia berharap, program literasi ini akan menjadi contoh sekolah lain di Kebumen. "Semoga menjadi triger bagi sekolah yang lain. Tinggal bagaimana MTsN 1 Kebumen untuk mempertahankan dan terlebih ditingkatkan," ujarnya. 

Usai acara dilanjutkan dengan kunjungan ke perpustakaan MTsN 1 Kebumen yang sudah terakreditasi A oleh Perpustakaan Nasional dimana sudah terdapat pojok literasi geopark. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan guru serta penggerak literasi untuk terus mengembangkan literasi di Kebumen.

Kepala MTsN 1 Kebumen Muhiban mengatakan, selama ini Matansa selalu membangun kesadaran tentang pentingnya para siswa produktif dalam menulis karya. Dirinya juga akan terus mendorong agar siswa maupun guru menghasilkan karya tulis.

Hal ini selaras dengan penyematan status MTsN 1 Kebumen sebagai madrasah literasi. "Sudah banyak karya puisi dan cerpen siswa. Kami juga punya majalah khusus sebagai produk jurnalistik madrasah. Menulis buku, juga dapat menjadi jembatan peningkatan terhadap kapasitas siswa. Artinya siswa tidak sekedar sibuk pada jam pembelajaran, tapi juga perlu diarahkan untuk pengembangan kompetensi," kata Muhiban.

Kegiatan  launching buku  karya siswa tersebut terdiri dari 10 judul buku karya siswa kelas 7 dan 8 Program FDS dan IBS serta majalah madrasah Lentera Matansa edisi III. Sebelumnya buku hasil karya semua siswa kelas 9 dari semua program sudah dibagikan saat kegiatan perpisahan purnasiswa.(is) 

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN