MTsN 1 Kebumen Laksanakan Uji Validitas Instrumen AKMI


Kebumen_Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen menjadi satu-satunya madrasah di Kebumen yang ditunjuk oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk melaksanakani  Uji Validasi Instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2024 yang berlangsung selama dua hari, Rabu-Kamis (24-25 Juli 2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengukur validitas dan kualitas soal AKMI yang akan digunakan untuk mengukur kompetensi peserta didik madrasah melalui asemen kompetensi yang meliputi literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

Peserta merupakan kelas 8 yang berjumlah 320 siswa dengan menggunakan 4 ruang yaitu aula asrama timur, aula asrama tengah, aula asrama barat dan laboratorium komputer. Tiap ruang terdapat dua pengawas dan satu proktor.Waktu pelaksanaan terbagi menjadi dua sesi, sesi 1 pukul 07.00- 10.00 WIB, sesi 2 pukul 10.30-13.30 WIB.

Sebelum pelaksanaan, peserta dibekali motivasi oleh waka kurikulum, Mokh. Arifin, dalam pesannya menandaskan bahwa uji coba instrumen soal AKMI ini merupakan tugas negara yang mulia karena menjadi madrasah yang dipercaya oleh Kementerian Agama sehingga perserta diharap dapat melaksanakan dengan baik.

Hari kedua kegiatan uji validitas istrumen AKMI  dipantau dan dihadiri langsung oleh tim KSKK Madrasah Kementerian Agama didampingi tim dari Kemenag Kabupaten Kebumen.  Pelaksanaan uji validitas berjalan lancar, meski di awal pelaksanaan sempat terkendala login. Untuk mengerjakan soal, peserta menggunakan smartphone masing-masing, sedangkan bagi yang terkendala di tempatkan di ruang laboratorium computer. (isl)

 

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN