MTsN 1 Kebumen Gelar Kegiatan MATSAMA (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah) Tahun Pelajaran 2023/2024


KEBUMEN- MTsN 1 Kebumen menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang ditujukan untuk peserta didik baru tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan ini diikuti oleh 320 peserta didik baru kelas VII tahun pelajaran 2023/2024. Kegiatan Matsama ini berlangsung selama 3 hari yaitu Senin, Selasa, dan Kamis (17-20 Juli 2023).

Kegiatan Matsama diawali dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pada hari Senin (17/07/23) di lapangan MTsN 1 Kebumen yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan serta peserta didik kelas VII, VIII, dan IX.

Pada hari pertama kegiatan matsama yang diawali dengan upacara pembukaan dan penyematan tanda peserta,  dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan profil madrasah, kurikulum, sistem kegiatan belajar mengajar (KBM), dan pengenalan guru dan pegawai madrasah serta observasi lingkungan, fasilitas, dan infrastruktur pendukung pembelajaran yang disampaikan oleh beberapa guru dan dibantu para anggota OSIS.

Hari kedua kegiatan Matsama diisi beberapa kegiatan yaitu, praktik PBB,  materi moderasi dan toleransi beragama, pola hidup sehat dan bersih, budaya digital, serta penjelasan mengenai tata tertib, budaya, nilai, dan norma yang ada di madrasah. Selain kegiatan tersebut, pada hari kedua matsama ini para siswa baru juga dikenalkan lagu “Mars MTsN 1 Kebumen” dan dilanjutkan pembentukan pengurus kelas dan program kelas.

Hari terakhir Matsama dilakukan beberapa kegiatan seperti senam pagi bersama para anggota OSIS dan sosialisasi ekstrakurikuler yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan ekstrakurikuler. Selain itu terdapat pula performa bakat dan kreasi siswa yang menampilkan berbagai macam pertunjukkan yang menarik dan keren.

“Kegiatan Matsama ini menurut saya sangat menyenangkan. Walaupun melelahkan namun terbayar dengan antusias para peserta matsama selama mengikuti kegiatan ini,” ucap Gita, salah satu pengurus  OSIS yang mendampingi peserta Matsama.

Sementara Itsanis, Ketua OSIS MTsN 1 Kebumen menjelaskan bahwa Matsama sangat diperlukan untuk peserta didik baru, karena dalam kegiatan ini siswa dapat berkenalan satu sama lain dan mengenali lingkungan serta sistem pembelajaran di madrasah. Peserta Matsama mengikuti kegiatan didampingi wali kelas dan pengurus OSIS.

Kegiatan Matsama ditutup dengan upacara dan pelepasan tanda peserta serta pengumuman hasil penilaian keaktifan peserta dengan beberapa kategori, yakni  tergiat cendekia, tergiat religia, dan tergiat perwira, serta terbaik performa. Setelah upacara penutupan, para peserta Matsama diberi waktu untuk menulis saran dan kritik untuk panitia dan para pendamping Matsama. (Jurnalis Lentera)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN