MTs Negeri 1 Kebumen Launching Madrasah Metaverse


Kebumen_Launching MADRASAH LAND: Metaverse MTs Negeri 1 Kebumen, Madrasah Digital, dan Moderasi Beragama diselenggarakan pada hari Jumat (9/12/22). Event ini dilaksanakan di lingkungan MTs Negeri 1 Kebumen dan dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Kementerian Agama Pusat, Kanwil, serta kabupaten, berbagai undangan dan guru serta  siswa-siswi dari berbagai madrasah di yang ada di Kebumen.

                Metaverse itu sendiri merupakan teknologi digital yang menggabungkan teknologi 3 dimensi dengan virtual reality atau VR. Sebagai langkah awal untuk memanfaatkan metaverse, Matansa telah menyediakan Meta Land dengan akses antara lain: Metalibrary dan Metalaboratorium Biokimia. Metaverse ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar dapat kritis, kreatif, kolaboratif, dan tentunya agar dapat memanfaatkan teknologi untuk kemajuan peradaban. Namun dengan adanya metaverse bukan berarti kehadiran para pendidik tidak penting, melainkan metaverse ialah program yang dapat membantu para pendidik MTs Negeri 1 Kebumen agar kegiatan belajar menjadi lebih efektif dan efis

Sebelum pembukaan acara  dimeriahkan oleh tim hadroh Matansa dan dilanjut dengan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Kebumen. Acara diawali dengan menampilkan tim paduan suara Gita Saujana dari MTs Negeri 1 Kebumen yang mempersembahkan lagu Indonesia Raya, Mars Madrasah, serta Damai Bersamamu. Tim karawitan pun turut mengiringi berjalannya acara dengan lagu Endahing Paseduluran.

Selanjutnya, prakata disampaikan oleh H. Ibnu Asaddudin, S.Ag., M.Pd., selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen. Beliau menyampaikan berbagai program  Kementerian Agama Kabupaten Kebumen antara lain program sertifikat halal, bantuan pendidikan dari Baznas, dan program Metaverse, pembelajaran yang modern di MTsN 1 Kebumen.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Kakanwil Jawa Tengah yang diwakili oleh Drs. H. Saifullah, M. Ag. Sekaligus sebagai acara inti yakni Launching Madrasah Metaverse & Digitalisasi Madrasah di Kabupaten Kebumen yang dibawakan oleh H. Wibowo Prasetyo selaku Staf Khusus Menteri Agama Republik Indonesia bidang Media dan Komunikasi Publik, Dr. H. Saifullah, M.Ag selaku Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Provinsi Jawa Tengah, Ibnu Asaddudin, M.Pd, selaku Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kebumen. Adapun siswa MTs Negeri 1 Kebumen yang memperagakan teknologi metaverse tersebut adalah adalah Riza Abi Rahmadhani, Hasbien Nabil Fatih, dan Ahmad Raunaq Indrabig. Acara tersebut ditandai dengan ditekannya tombol pada tengah layar videotron secara bersama-sama.

Tim peliput: Restiana Putri, Nafila J., dkk

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN