Mabit Program FDS Matansa, Praktikkan Mumarosah Ijtimaiyyah di Bulan Berkah


Kebumen_Menyambut Ramadan 1445 H tahun ini, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen mengadakan berbagai. Salah satunya adalah kegiatan Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa).

Kegiatan ini merupakan kegiatan implementasi dari program layanan tambahan Mumarosatul Ijtimaiyah (MI) yang materinya membiasakan dan mempraktikkan kegiatan keagamaaan yang dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat. Pelaksanaan Mabit yang diadakan  setiap bulan Ramadhan ini dilaksanakan selama dua hari satu malam, Senin - Selasa (1-2/4/2024) bertempat di madrasah.

Seluruh peserta didik Program FDS kelas 7, 8, dan 9 diwajibkan mengikuti kegiatan ini. Sebagai panitia dan pelaksana adalah dari siswa sendiri, khususnya siswa kelas 9, mulai dari membuat proposal, mendesain, dan mengelola kegiatan secara langsung dibimbing wali kelas dan panitia dari dewan guru.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah, apel pembukaan, buka bersama, salat maktubah dan tarawih, kultum, pentas drama, hingga lomba cerdas cermat bilingual yang wajib diikuti oleh delegasi masing-masing kelas dengan mengirim satu timnya.

 Kepala MTsN 1 Kebumen, Muhiban dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada para siswa atas kreativitas dan kerjasama yang baik sehingga acara berjalan lancar.

"Kegiatan ini tidak hanya sekadar acara di Mabit tapi ini penting untuk persiapan kelak di kehidupan nyata kalian di tengah masyarakat, baik madrasah lanjutan, dunia kampus maupun masyarakat di mana siswa tinggal," tambah Muhiban.

Ketua Program FDS, Taufiqurrohman menambahkan, kegiatan ini sebagai modal siswa untuk berkiprah di masa depan dan di masyarakat. Dengan segala keterampilan dan kreativitas yang mereka miliki insya Allah mereka bisa diandalkan. (isu)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN