LCC Super Smart Competition Asah Kemampuan Peserta MABIT


KEBUMEN – Dalam rangka mengasah kemampuan peserta didik FDS, panitia MABIT menggelar kompetisi LCC Super Smart Competition yang diadakan pada Sabtu, 15 April 2023 di Aula MTsN 1 Kebumen.

Pada LCC kali ini soal pertanyaan dan jawaban berbahasa Inggris, kecuali jika ada pertanyaan yang melantunkan ayat suci Al- Quran. Materi yang dijadikan pertanyaan mencakup Tokoh dunia, sejarah Islam, IPA, IPS, MTK, spelling bee, suku dan ras, mata uang, surah-surah Al- quran, grammar, mata uang dan tempat-tempat terkenal. Pada LCC kali ini juri sekaligus pemberi pertanyaan adalah panitia MABIT yaitu Ghaisan Satya Abbiyu, Fara Nuri Hamidah dan Muhammad Akhyar Ad Dafiq

Kegiatan LCC ini diikuti oleh 18 orang terpilih yan telah diseleksi, masing-masing tim beranggotakan 3 orang . Pembagian kelompok LCC Super Smart Competition sebagai berikut:  Tim A adalah kelas 7D, tim B kelas 7E,  tim C kelas 8E, tim D kelas 8F, tim E kelas 9A dan tim F kelas 9B. Perwakilan terpilih dari Tim A beranggotakan Almira Bilqis Azzahra; Intan Aulia Astan; Zahwa Egida Zahrani, tim B beranggotakan Danar Syarif Hidayatullah; Zidny Annisa Latif; Galuh Sintya Kotrunnada, tim C beranggotakan Hasbien Nabil F; Aushaf Aiestya Abbrisam; Angger Adinata Yusuf, tim D beranggotakan M. Rafi Abhista; Rahma Khoirunnisa L; Diva Huwaida Adiningrum, tim E beranggotakan Rizky Alifian R; Muhammad Tsaqif Munir; Dewi Arvie Kartika Sari,tim F beranggotakan Sheela Nasyitha El Ulum; Navis Ar Raziq M; Kayla Kafka Nafisa.

Teknis pelaksanaan LCC Super Smart Competition ini pada babak wajib adalah,  masing-masing tim akan diberikan 10 pertanyaan jika benar mendapatkan poin 100 dan salah 0. Pada babak wajib ini sementara tim E (kelas 9A) memimpin dengan perolehan skor 700. Pada babak selanjutnya yaitu babak lemparan, masing-masing tim akan diberikan satu pertanyaan jika tidak bisa menjawab maka soal akan dilempar ke tim lain, jika berhasil menjawab pertanyaan maka diberi nilai 100 jika salah 0. Dibabak lemparan ini tim C (kelas 8E) mendapatkan poin terbanyak yaitu 1100 poin. Selanjutnya yang terakhir  adalah babak rebutan, pada babak ini setiap tim diberikan sebuah alat berupa rebana yang berfungsi untuk merebut pertanyaan. Dibabak ini jika salah satu tim sudah membunyikan alat tersebut dan tidak bisa menjawab ataupun jawaban salah maka poin -50 dan jika berhasil menjawab pertanyaan maka poin 100. Pada babak ini persaingan sangat sengit dari tim C dan E, mereka berlomba-lomba untuk membunyikan rebana tersebut, pada akhirnya tim E yang memperoleh poin paling tinggi dibabak ini yaitu 650.

Menurut salah satu peserta lomba LCC ini yakni Aushaf Aisetya Abbrisam. Kesan yang didapatkan adalah senang karena bisa terpilih menjadi salah satu perwakilan kelas, soal LCC nya cukup susah dan menantang serta terkadang salah mendengarkan pertanyaan yang diberikan dewan juri.

Setelah LCC ini selesai Muhammad Akhyar Ad Dafiq selaku dewan juri membacakan perolehan poin keseluruhan dari LCC tadi. Perolehan poin LCC sebagai berikut: tim A mendapatkan 700 poin, tim B mendapatkan 750 poin, tim C mendapatkan 1800 poin, tim D mendapatkan 350 poin, tim E mendapatkan 2150 poin dan tim F mendapatkan 900 poin. Dari data diatas bisa disimpulkan bahwa juara 1 adalah tim E, juara 2 tim C, juara 3 tim F, juara harapan 1 tim B, juara harapan 2 tim A dan juara harapan 3 adalah tim D.

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN