Kembangkan Jiwa Jurnalis, MTsN 1 Kebumen Terima Studi Tiru dari Tim Jurnalistik SMPN 2 Prembun


Kebumen_Sebanyak dua puluh siswa didampingi pembina ekstrakurikuler jurnalistik SMP Negeri 2 Prembun melakukan kunjungan studi tiru ke MTs Negeri 1 Kebumen pada Sabtu (21/09/24). Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam bidang jurnalistik dan mempererat  silaturahmi.

Tujuan SMPN 2 Prembun melakukan studi tiru ke MTsN 1 Kebumen adalah untuk menimba ilmu tentang kegiatan jurnalistik di MTsN 1 Kebumen, karena menurut mereka, MTsN 1 Kebumen dikenal  memiliki  ekstrakurikuler jurnalistik yang aktif dan maju.

Selama kegiatan studi tiru, siswa dan guru pendamping dari  SMPN 2 Prembun mendapatkan berbagai hal menarik seputar jurnalistik yang ada di MTsN 1 Kebumen. Mulai dari program kerja, penyampaian materi, praktik di lapangan, hingga menyusun majalah  sekolah. Materi-materi tersebut disampaikan oleh Imam Suprijadi, selaku koordinator pembina ektra jurnalistik dari MTsN 1 Kebumen.

Selain mendapatkan materi, para jurnalis muda dari MTsN 1 Kebumen dan SMPN 2 Prembun juga diajak untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman tentang ekstrakurikuler jurnalistik. Hal ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antarsekolah dan memicu semangat belajar yang lebih tinggi.

Kepala MTsN 1 Kebumen menyambut baik kunjungan dari tim jurnalistik SMPN 2 Prembun dan berharap membawa kebaikan dan berkah bagi semuanya.

“Peran jurnalis sangat penting karena tulisan mereka akan diikuti mayarakat. Ketika jurnalis memuji, maka masyarakat akan ikut memuji. Sebaliknya ketika jurnalis mencaci, maka masyarakat akan ikut memebenci,” ujar Muhiban.

Puspa Indah Devitasari, selaku koordinator pembina dari SMPN 2 Prembun mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada MTsN 1 Kebumen atas kesempatan yang diberikan.  “Kesannya sangat seru, dari sini kami bisa saling kenal antarguru, karyawan, dan siswa sesama anggota jurnalistik. Untuk tim jurnalistik MTsN 1 Kebumen tetap semangat, semoga semakin baik, semakin kompak, dan semakin memotivasi teman-teman dari sekolah lain,” ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan minat baca dan menulis di kalangan siswa. Diharapkan dengan adanya kegiatan studi tiru ini, siswa-siswi SMPN 2 Prembun dapat semakin aktif dalam menulis dan menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas.

(Tim peliput: Zahra, Tsana, Aqis, Pipit, Safa, Keisha)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN