Isi Kegiatan Ramadan, Matansa Gelar Pelatihan Jurnalistik


KEBUMEN – Panitia Kegiatan Ramadan 1444 MTsN 1 Kebumen bersama dengan Ektrakurikuler Jurnalistik menggelar program pelatihan jurnalistik yang diisi oleh narasumber dari Radar Kebumen (Jawa Pos Radar Jogja Group). Kegiatan bertajuk Tadarus Jurnalistik tersebut diselenggarakan Kamis, (13/4/2023) di Aula Madrasah. Sejumlah 50 peserta didik berkesempatan mendapat tambahan teori sekaligus pengalaman praktik mengenai kerja-kerja jurnalistik.

Kepala MTsN 1 Kebumen, Fitriana Aenun menyambut baik kegiatan tersebut. Hal ini selaras dengan arah tujuan pendidikan nasional, yakni membekali siswa melalui pengetahuan dan keterampilan.

"Tujuannya supaya anak-anak punya bekal dan keterampilan khususnya di bidang jurnalistk. Lewat jurnalistik ini karya kita bisa jadi ladang amal ketika kita menulis dan menyebarkan informasi berisi kebaikan," katanya, saat membuka kegiatan tersebut.

Fitriana Aenun menyatakan terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Terlebih belakangan ini madrasah sedang gencar mencanangkan budaya literasi di lingkungan madrasah. "Budaya berliterasi, utamanya membaca dan menulis harus selalu dikuatkan. Apalagi di era sekarang ketika media sosial sudah sangat berkembang. Kita harus sikap dan terampil memanfaatkannya untuk berbagi informasi positif," ungkapnya.

Pada kegiatan pelatihan singkat tersebut peserta tidak hanya menjadi pendengar, tetapi juga terlibat dalam langsung dalam komunikasi dua arah. Peserta tampak begitu aktif melontarkan pertanyaan dari materi yang disampaikan narasumber, M. Khafid dari Radar Kebumen. Salah satunya, pertanyaan tentang bagaimana  usaha wartawan untuk mencari berita yang menarik dan menghindari hoaks, yang dilontarkan oleh salah seorang peserta, Ratna Mustika.

Selanjutnya, menurut Ketua Panitia Kegiatan Ramadhan, Muktamat, peserta pelatihan akan diberi kesempatan untuk praktik meliput dan menulis berita tentang kegiatan Ramadan yang sedang berlangsung. Hasilnya akan dimuat di website madrasah dan dipilih yang terbaik untuk diberi hadiah. (isu) 

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN