Ini Pesan-Pesan Kabid Penma Kanwil Jateng pada GTK MTsN 1 Kebumen


Kebumen_ Kabid Penma Kanwil Kemenag Prov. Jateng, H. Ahmad Faridi, mengisi Seminar Moderasi Beragama dan Pembinaan GTK MTsN 1 Kebumen, Senin, (21/8/2023). Pada kegiatan tersebut, Ahmad Faridi didampingi Kasi Penma Kemenag Kebumen, H. Khamid dan Kepala MTsN 1 Kebumen, Fitriana Aenun.

Menurut Ahmad Faridi pada tahun-tahun politik seeperti sekarang ini, pada sisi kehidupan moderasi beragama kemungkinan timbul masalah kembali. Utamanya malah benturan intern umat seagama. Kompleksitas permasalahan selalu muncul seiring dengan perubahan zaman.

Tugas kita semua sebagai guru atau GTK aadalah mengajarkan anak-anak kita untuk tidak belajar sendiri masalah agama dari YouTube, Facebook  atau media sosial lain tanpa pendampingan.

“Zaman sudah berubah, model pembelajaran sudah berubah.Konsep kedisiplinan juga berubah tidak seperti zaman dulu. Apalagi sekarang ada HP yang kemungkinan anak lebih pintar daripada orang tua atau gurunya. Kelebihan ini bisa jadi manfaat tapi bisa juga jadi mudharat bagi anak,” paparnya.

Selain itu menurutnya, banyak penipuan yang masif beredar di dunia maya dengang berbagai aplikasi melalui medsos. ASN sebagai pelayan masyarakat agar selalu melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan ikhlas. Kita harus hati-hati menyikapi media social dan  harus kompak dalam satu barisan.

Kaitannya dengan madrasah, menurut Faridi, butuh waktu panjang dan modal besar untuk mencapai madrasah berprestasi, sehingga sistem yang sudah terbangun dengan baik jangan sampai rusak. Jangan sampai citra dan kepercayaan masyarakat kepada madrasah menurun atau luntur. Apalagi kalau rusaknya karena tindakan asusila dan kekerasan atau pelecehan pada anak.

Sebagai penutup, Ahmad Faridi mengingatkan bahawa guru adalah profesi yang istimewa yang harus dijaga sebaik-baiknya.

“Status  guru melekat 24 jam sepanjang hayat, bahkan hingga meninggal tetap disebut sebagai guru. Maka kita harus jaga amanah ini dengan terus kita tingkatkan lagi semangat bersaing untuk berprestasi. Tetaplah semangat mengabdi di mana pun kita berada!” pungkasnya. (isu)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN