A. Latar Belakang
Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan melihat perkembangan pendidikan yang semakin kompetitif, maka upaya pembenahan dan pengembangan madrasah menjadi suatu keharusan. Terobosan- terobosan strategis yang cepat dan tepat perlu senantiasa diusahakanagar madrasah bisa memiliki daya kompetitif dalam persepsi masyarakat .
Demokrasi pendidikan dan kondisi keberagamaan masyarakat Indonesia sangat memungkinkan untukmengembangkan madrasah yang bermutu dan menjadi pilihan bagi masyarakat. Terlebih lagi saat ini dimana tantangan global dunia pendidikan sangat membutuhkan pendidikan karakter, maka madrasah hendaknya tidak memburamkan atau mengaburkan backgroundnya sebagai lembaga pendidikan berciri khas agama. Tetapi sebaliknya berani mempertegas warnanya untuk ikut andil dalam mengokohkan pendidikan karakter dalam membangun masyarakat Indonesia seutuhnya yang saleh secara vertikal dan horisontal.
MTsN 1 Kebumen sebagai salah satu madrasah di lingkungan Departemen Agama terpanggil untuk berusaha berdiri paling depan dalam mewujudkan madrasah yang berkwalitas sebagai Center of Inovation (terutama bagi lembaga pendidikan agama) di kabupaten Kebumen. Sehingga sejak tahun 2009 MTsN 1 Kebumen membuat program khusus yaitu Program Full Day School (FDS). Dilihat dari prestasi yang telah diraih,program ini layak dibanggakan. karena telah banyak memberikan dampak positif terhadap peningkatan kwalitas madrasah. Hal ini ditunjukan dari daya saing peserta didik FDS dalam beberapa even di tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional. Disamping itu apresiasi masyarakat juga selalu meningkat pada setiap kali penerimaan peserta didik baru.
Oleh karena itu konsep pengembangan Program Full Day School ini, dalam jangka panjang akan terus ditingkatkan dan dikembangkan. Sehingga Program FDS ini tetap dapat mendudung prestasi MTsN 1 Kebumen dalammelahirkan generasi unggul, kompetitif dan berbudi luhur.
B. Gambaran Umum Program Full Day School
1. Aspek kelembagaan, kepemimpinan dan manajemen, mengacu
kepada konsep pengembangan madrasah program Full Day School yang
mengedepankan kemuliaan akhlaq dan prestasi akademik dan non akademik.
2. Kualitas sumberdaya Full Day School dipilih dari guru-guru bidang studi yang profesional, berkualitas dan mempunyai integritas yang tinggi.
3. Peningkatan kualitas tenaga kependidikan tetap melibatkan komite madrasah, pengawas pendidikan, pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan
Departemen Agama di tingkat Kabupaten/Kota (Kankemenag).
4. Kurikulum madrasah program Full Day School juga digarap sedemikian rupa untuk memacu keunggulan dalam aspek sain, keagamaan, bahasa berbasis
Informasi Teknologi ( IT ), muatan lokal,
keterampilan-keterampilan vocasional, dan ekstra kurikuler serta pengembangan diri. Dalam pengembangan muatan lokal
di madrasah program
5. Kerjasama kelembagaan dan menggerakkan dukungan masyarakat merupakan keunggulan madrasah yang memang sudah menjadi ciri khas,
sebab pada dasarnya madrasah merupakan community basededucation.
C. Struktur Kurikulum
1. Kegiatan di kelas
MATA PELAJARAN |
KELAS DAN ALOKASI WAKTU PERMINGGU |
|||
7 |
8 |
9 |
||
Riset |
Sains |
|||
KELOMPOK A |
|
|
|
|
1. Pendidikan
Agama |
|
|
|
|
a. Al-Qur’an Hadis |
2 |
2 |
2 |
2 |
b. Akidah
Akhlak |
2 |
2 |
2 |
2 |
c. Fikih |
2 |
2 |
2 |
2 |
d. Sejarah
Kebudayaan Islam |
2 |
2 |
2 |
2 |
2. Pendidikan
Kewarganegaraan |
3 |
3 |
3 |
3 |
3. Bahasa Indonesia |
6 |
6 |
6 |
6 |
4. Bahasa Arab |
3 |
3 |
3 |
3 |
5. Matematika |
6 |
6 |
6 |
6 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam |
6 |
6 |
6 |
6 |
7. Ilmu Pengetahuan Sosial |
4 |
4 |
4 |
4 |
8. Bahasa
Inggris |
4 |
4 |
4 |
4 |
KELOMPOK B |
|
|
|
|
1. Seni Budaya |
2 |
2 |
2 |
2 |
2. Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. Prakarya/Informatika |
2 |
2 |
2 |
2 |
MUATAN LOKAL |
|
|
|
|
1. Bahasa Jawa |
2 |
2 |
2 |
2 |
2. Tahfidzul Qur’an |
2 |
2 |
2 |
2 |
3. Karya
Ilmiah Remaja |
2 |
2 |
2 |
2 |
JUMLAH |
52 |
52 |
52 |
52 |
Layanan Tambahan |
|
|
|
|
Literasi Baca Tulis |
3 |
2 |
2 |
2 |
English Active |
3 |
2 |
2 |
|
Robotik / Olimpiade |
2 |
|
4 |
|
Riset |
|
4 |
|
|
TOEFL |
|
|
|
2 |
Mumarasah Ijtimaiyyah |
|
|
|
2 |
Muhadatsah |
|
|
|
2 |
JUMLAH |
8 |
8 |
8 |
8 |
TOTAL |
60 |
60 |
60 |
60 |
2. Kegiatan di
luar kelas
No |
Kegiatan |
Waktu |
Keterangan |
1 |
Pemantauan
6K kelas |
Insidental |
Wali
Kelas |
2 |
Pelaksanaan
pendampingan Kelompok |
Setelah
istirahat ke-2 seminggu sekali |
Guru
Pendamping kelompok |
3 |
Pesantren Ramadhan |
Ramadhan |
Kesiswaan |
4 |
Pengiriman siswa ke KIK Kebumen |
Akhir semester 1 |
Sie
Kurikulum |
5 |
Outbond/praktek bahasa |
Pasca kegiatan KIK |
Kesiswaan |
7 |
Pendampingan
belajar menghadapi PTS |
Sesuai
jadwal PTS |
Guru
Mata Pelajaran |
8 |
Pendampingan
belajar menghadapi PAS |
Sesuai
jadwal PAS |
Guru
Mata Pelajaran |
9 |
Pendampingan
belajar menghadapi UM |
Sesuai
jadwal UM |
Guru
Mata Pelajaran |
D. Fasilitas Kelas
No |
Fasilias |
Jumlah |
Keterangan |
1 |
Meja
kursi tunggal |
32 unit |
ada |
2 |
LCD Proyektor |
1 unit |
ada |
3 |
Komputer terkoneksi internet |
1 unit |
ada |
4 |
Sound ruang |
1 unit |
ada |
5 |
White board permanen |
2
buah |
ada |
6 |
papan panel / papan hasil karya |
2
buah |
ada |
7 |
Locker setiap siswa |
1
unit |
ada |
8 |
Almari |
1
buah |
ada |
9 |
Pendingin ruang / AC |
3
buah |
ada |
10 |
Tempat sepatu |
1
unit |
Ada |
E. Prestasi
Sejak Program FDS dibentuk, siswa FDS banyak memperoleh prestasi yang membawa nama baik MTsN 1 Kebumen, baik di bidang akademik maupun non akademik.
1. Nilai UN
Tahun Pelajaran |
Kelas |
Mata Pelajaran |
||||
Hadits |
Akidah Akhlak |
Fikih |
SKI |
Bhs. Arab |
||
2015/2016 |
Umum |
86,79 |
92,06 |
82,39 |
81,91 |
83,50 |
Reguler |
85,69 |
91,61 |
82,07 |
81,41 |
82,19 |
|
FDS |
90,13 |
93,43 |
83,33 |
83,40 |
87,46 |
|
2016/2017 |
Umum |
90,05 |
83,95 |
83,60 |
77,19 |
83,77 |
Reguler |
89,06 |
83,41 |
82,63 |
75,32 |
81,09 |
|
FDS |
94,41 |
86,88 |
87,84 |
82,84 |
91,84 |
|
2017/2018 |
Umum |
87,69 |
87,67 |
86,32 |
81,90 |
86,09 |
Reguler |
87,31 |
87,38 |
85,89 |
81,63 |
85,22 |
|
FDS |
88,92 |
88,60 |
87,71 |
82,76 |
88,93 |
|
2018/2019 |
Umum |
86,93 |
- |
84,32 |
82,05 |
- |
Reguler |
85,33 |
- |
83,58 |
80,68 |
- |
|
FDS |
91,72 |
- |
86,53 |
86,13 |
- |
|
2019/2020 |
Umum |
78.19 |
90.12 |
82.56 |
83.37 |
87.98 |
Reguler |
76.52 |
88.92 |
80.87 |
82.77 |
85.86 |
|
FDS |
84.11 |
94.29 |
88.35 |
85.49 |