Informasi Program Khusus MTsN 1 Kebumen Tahun Pelajaran 2021/2022


"Didiklah anakmu sesuai zamannya karena mereka tidak hidup di zamanmu". Ungkap Ali bin Abu Thalib. Pesan keempat ini bukan hanya mengingatkan orang tua , tetapi juga menjadi bahan refleksi bagi lembaga pendidikan, dan pemangku kebijakan. Pendidikan harus didesain untuk membekali peserta didik dengan kompetensi yang dibutuhkan pada masa yang akan datang, ketika peserta didik lulus dari lemaga pendidikan. Tentu tantangan yang mereka hadapi berbeda dan jauh lebih kompleks daripada saat ini.

Kementerian Agama, telah mengeluarkan KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah. Regulasi tersebut menjadi payung hukum bagi MTsN 1 Kebumen untuk terus berinovasi dalam menciptakan program pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan zaman. Apalagi berdasarkan SK Dirjend Pendis No. 6757 Tahun 2020 tanggal 20 Desember 2020, MTsN 1 Kebumen telah ditetapkan sebagai salah satu madrasah riset. Madrasah Riset merupakan madrasah yang melaksanakan pengembangan potensi, bakat, dan minat peserta didik dalam melakukan penelitian ilmiah.

Bahkan, baru-baru ini, berdasarkan SK Dirjend Pendis Nomor 1834 Tahun 2021, MTsN 1 Kebumen ditetapkan sebagai Madrasah Unggulan Bidang Akademik. MTsN 1 Kebumen dinilai oleh Kementarian Agama telah memiliki keunggulan kompetitif dan koperatif dalam bidang akademik berdasarkan prestasi yang diraih peserta didik. Dalam berbagai ajang kompetisi, MTsN 1 Kebumen berhasil meraih kejuaraan mulai dari kejuaraan tingkat kabupaten, provinsi, nasional, hingga internasional. Peserta didik MTsN 1 Kebumen telah meraih berbagai kejuaraan baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Kualitas peserta didik menjadi salah satu faktor yang mendukung capaian prestasi MTsN 1 Kebumen selama ini, selain peran guru dan orang tua. Peserta didik MTsN 1 Kebumen merupakan anak-anak pilihan yang memiliki potensi luar biasa. Tentu mereka harus dibiimbing dengan program dan pembinaan yang luar biasa pula agar dapar berkembang secara optimal. Peserta didik juga diberi kesempatan dan ruang seluas-luasnya untuk meraih prestasi sesuai dengan potensi, bakat, dan minatnya. Pada dasarnya, semua anak adalah juara, semua anak dapat mengharumkan nama madrasah, orang tua, dan lingkungannya. Oleh karena itulah, Program Khusus dilaksanakan.

Program Khusus merupakan program pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan tambahan alokasi jam pembelajaran pada bidang tertentu sesuai konsentrasi program. Tambahan alokasi jam dilakukan dengan memanfaatkan muatan lokal dan layanan tambahan. Sebagai contoh Program Khusus Riset, maka di kelas tersebut akan mendapatkan 2 jam riset sebagai muatan lokal dan 2 jam riset pada layanan tambahan.

Garis Besar Struktur Kurikulum Program Khusus MTs Negeri 1 Kebumen

Tahun Pelajaran 2020/2021

 

No.

Mata Pelajaran

Tahfidz

Olah Raga Prestasi

Riset

Infotek

Bilingual

1.

Kelompok A

40

40

40

40

40

2.

Kelompok B

6

6

6

6

6

3.

Muatan Lokal

6

6

6

6

6

4.

Layanan Tambahan

2

2

2

2

2

 

Jumlah

54

54

54

54

54

Keterangan :
1. 
Mata pelajaran Kelompok A merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan wajib dipelajari oleh semua peserta didik.
2. 
Kelompok B merupakan kelompok mata pelajaran yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan wajib dipelajari oleh semua peserta didik dan dapat dilengkapi dengan muatan lokal.
3. 
Muatan Lokal merupakan bagian dari mata pelajaran Kelompok B yang muatan dan acuannya dikembangkan oleh pusat dan dilengkapi dengan mata pelajaran sesuai programnya
4. 
Layanan tambahan merupakan mata pelajaran tambahan yang muatan dan acuannya disesuaikan dengan program khusus

A. Jenis Program Khusus
Kelas Tahfidz (1 Kelas/32 Siswa)
Kelas tahfidz merupakan program khusus yang diberikan kepada peserta didik yang sejak SD/MI telah banyak menghafal Al-Qur'an. Program ini diberikan agar peserta didik dapat meningatkan kemampuan dalam tahfidzul Al-Qur'an. Peserta didik berkesempatan mewakili madrasah dalam lomba tahfidzul Qur'an yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah maupun lainnya.

Kelas Olahraga Prestasi (1 Kelas/32 Siswa)
Kelas Olahraga Prestasi merupakan program khusus yang diberikan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi peserta didik dibidang olahraga. Proram ini dikembangkan dengan menjadikan atletik sebagai muatan pengembangan dan bekerja sama dengan klub olahraga. Program ini dikhususkan kepada peserta didik yang telah memiliki prestasi dibidang olahraga. Peserta didik berkesempatan mewakili madrasah dalam ajang kompetensi olahraga seperti AKSIOMA, POPDA, dan even lain yang ada baik di tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

Kelas Riset (2 Kelas/64 Siswa)
Kelas Riset menitikberatkan pada pengembanagan kemampuan berfikir kritis analisis dengan kegiatan penelitian terbimbing mulai dari menyususn proposal hingga laporan penelitian. Peserta didik Program Riset berkesempatan untuk menjadi duta madrasah dalam ajang kompetisi Madrasah Young Reseacher Supercamp (MYRES), Lomba Karya Ilmiah remaja (LKIR) dan kompetisi sejenis yang dlakukan oleh Pemerintah maupun Lembaga Swasta.

Kelas Infotek (1 Kelas/32 Siswa)
Kelas Infotek membekali peserta didik dengan kemampuan pembuatan video, multimedia, dan coding sebagai kemampuan yang dibutuhkan di era digital. Peserta didik dapat mengikuti lomba yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Kelas Billingual (1 Kelas/32 Siswa)
Kelas Billingual merupakan Kelas Khusus yang menekankan pada peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Peserta Didik dituntut untuk mampu menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Percakapan sehari-hari. Selain itu, peserta didik juga dapat mengikuti kompetisi berbahasa Inggris yang dilaksanakan oleh Pemerintah atau lainnya.









Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN