Gelar Karya P5, MTsN 1 Kebumen Mengadakan Fashion Show Busana dari Barang Bekas


Tim Peliput: Nafisa Yasna A.,  Dhieniati Ilmi R., Hilwa Shabira Latif 7E

Kebumen – Pada  Selasa tepatnya tanggal (16/1/2024), Matansa mengadakan beberapa acara untuk memperingati Milad MTsN 1 kebumen yag ke-55 dan sekaligus mengadakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 bagi kelas 7 dan 8 yang merupakan salah satu bagian Kurikulum Merdeka. Matansa merupakan madrasah yang terkenal prestasinya baik akademik maupun non akademik sehingga acara Milad pun sebagai ajang untuk menorehkan prestasi siswa-siswanya.

 Salah satu acaranya yaitu Fashion Show dengan mengenakan busana dari barang bekas. Persiapan untuk membuat busana ini pun berlangsung tak cukup satu minggu. Setiap kelas diwajibkan untuk mengirimkan 2 perwakilan untuk menjadi modelnya. Tema Kebinekaan membuat acara ini meriah karena menampilkan pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Ada beberapa macam desain busana yang ditampilkan tiap kelas sesuai daerah yang didapatkannya. Salah satunya baju Buang Kuureng merupakan baju khas Kalimantan Barat yang dibawakan oleh perwakilan kelas 7E.

Mereka menggunakan karung goni sebagai bahan utama untuk membuat bajunya kemudian ditambah hiasan dari tas kresek merah yang dibentuk mencerminkan daerah Kalimantan serta gulungan kertas koran yang membuat pakaian mereka lebih menarik. Tak hanya pakaian, penampilan mereka didukung dengan atribut senjata khas Kalimantan. Perwakilan kelas 7E sontak membuat penonton bersorak ketika model yang mengenakan baju tersebut melakukan atraksi di depan penonton.

            “Penampilannya keren, busana dan hiasannya yang dipakai sangat mencerminkan Kalimantan,” ungkap Halida salah satu penonton di sana.

            Adapun harapan yang disampaikan oleh Ibu Kriswati selaku ketua pelaksana HUT Matansa yaitu agar siswa bisa mengembangkan kreativitas yang dimiliki kedepannya agar bisa diwujudkan dalam masyarakat. (is)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN