Drama “Bandung Bondowoso” Sukses Memikat Hati Para Juri


KEBUMEN – Acara MABIT di MTsN 1 Kebumen menggelar lomba Kethoprak yang dilaksanakan pada tanggal 14 April 2023. Pada drama/ kethoprak kali ini bahasa yang digunakan adalah bahasa jawa. Hal ini ditujukan untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam berbicara dengan menggunakan bahasa Jawa.

Lomba kethoprak ini dilaksanakan pada malam hari. Setiap kelas 7 dan 8 program full day school mempersembahkan sebuah drama dengan tema Nusantara. Terdapat sebuah drama yang membuat hati para juri terpesona dengan penampilannya. Drama tersebut berjudul Bandung Bondowoso. Kisah ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat. Kisah ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan berkembang di Jawa Tengah. Kisah ini bercerita tentang rasa cinta Pangeran Bandung Bondowoso dengan Putri Roro Jonggrang yang dimainkan oleh kelas 8F. Drama yang berjudul Bandung Bondowoso ini dapat meraih juara 1.

Tak heran jika drama Bandung Bondowoso meraih juara 1 karena penampilannya yang sangat mengagumkan. Dengan pertunjukan yang diawali dengan tarian membuat hati para juri dan penonton semakin terpukau. Penjiwaan karakter dari setiap tokoh juga sangat mendalami karakter. “Pertama tama, mungkin dalam hal mimik wajah yang harus sinkron atau sesuai gitu. Saya sendiri sedikit kesulitan untuk hal ini, karena untuk membuat mimik wajah yang khawatir Itu cukup sulit. Yang kedua mungkin hafalan teksnya ya, karena menggunakan bahasa Jawa jadi sedikit sulit, ada bagian yang harus medok, ngomongnya juga harus jelas,” ucap Rahma yang bercerita sedikit pengalamannya dalam berperan sebagai Roro Jonggrang.

Terdapat pementasan drama lain yang tidak kalah menarik. Drama Hanacaraka dari kelas 7E. Drama Joko Sasongko dari kelas 7D, dan drama Mas Timun dari kelas 8E.

 

 

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN