Dari Karnaval Budaya Hingga Potong Tumpeng, Meriahkan Milad MATANSA


Peliput : Vireina Arinil Haq dan Nafila Firda Khairunisa, 9J


Kebumen_Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen (MATANSA) pada tahun 2024 sudah menapaki usianya yang ke 55 tahun. Dalam rangka memperingati hari lahirnya tersebut MATANSA menggelar berbagai macam kegiatan yang di ikuti oleh seluruh warga madrasah baik guru, karyawan dan juga siswa. Acara tersebut diselenggarakan dari Selasa (16/1/2024) hingga Jumat (19/1/2024). Kegiatan yang diadakan adalah P5RA, pameran budaya, dan bazar.

Untuk kegiatan Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila dan Rohmatan lil `Alamin (P5RA) dan pameran budaya merupakan kegiatan yang hanya diikuti oleh kelas 7 dan kelas 8. Kegiatan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari penerapan Kurikulum Merdeka. P5RA pada tahun ini mengambil tema Budaya Nusantara. Berbagai macam ide kreatifitas siswa ditampilkan dalam gelaran ini. Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen dalam sambutan pembukaannya menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai upaya untuk melatih siswa dalam mengenal budaya nusantara yang sangat beraneka ragam. Kedepan para siswa diharapkan untuk bisa mengenal kekayaan budaya nusantara di negeri yang kita cintai.

 Sementara itu, kelas 9 turut memeriahkan acara ini dengan menampilkan bazar selama dua hari. Bazar tersebut dijadikan ajang untuk menampilkan aneka macam jajanan hasil kreasi dari siswa. Semua siswa berlomba-lomba untuk menyajikan kudapan terlezat dari masing-masing kelas. Pada hari pertama, bazar tersebut bertempat di depan ruang guru. Sedangkan, pada hari kedua bazar bertempat di belakang ruang guru karena cuaca yang tidak memungkinkan. Walaupun seharian hujan deras, siswa-siswa tetap antusias berjualan distand kelas masing-masing.

Diawali dengan bacaan “basmallah” rangkaian acara peringatan milad MATANSA yang ke 55 secara resmi dibuka oleh Kepala Madrasah. Kegiatan dilanjutan dengan karnaval budaya nusantara, kemudian dilanjut dengan fashion show, got talent, drama, vokal grup ataupun tarian dari kelas 7 dan 8. Disamping itu juga ada lomba kaligrafi, menulis berita seputar kegiatan harlah dan olimpiade.

Selain itu, pada milad MTs N 1 Kebumen ini juga tersedia beberapa door prize dari para sponsor. Puncak acara harlah akan ditutup dengan acara mujahadah, potong tumpeng dan dilanjutkan dengan penampilan group hadroh Bolo Sewu.

Selamat kepada MATANSA yang sudah berusia 55 tahun semoga kedepannya semakin jaya, selalu memberikan pencerahan kepada anak bangsa sebagai calon generasi penerus bangsa dan tetap eksis dalam dunia pendidikan. (is)



Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN