Awali Tahun Ajaran Baru 2024/2025 MTsN 1 Kebumen Gelar Matsama


Kebumen, 15 Juli 2024 – MTs Negeri 1 Kebumen mengadakan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) bagi peserta didik baru yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 18 Juli 2024. Acara pembukaan MATSAMA ditandai dengan simbolis penyematan tanda peserta  oleh Kepala Madrasah, Muhiban, S.Ag., M.Pd.I.

Serangkaian kegiatan dalam MATSAMA meliputi Pengenalan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kurikulum Sistem Pembelajaran, Lingkungan dan Sarana Prasarana Madrasah, dan Dinamika Kelompok, Penanaman Budaya Bersih, Sehat dan Halal, Motivasi dan Pembentukan Sikap Disiplin, Mandiri, dan Berprestasi. Selain itu, peserta didik baru juga diperkenalkan dengan Tata Tertib dan Norma Madrasah serta berbagai Kegiatan Ekstrakurikuler. Selanjutnya, ada sesi Antibullying, Moderasi Beragama, Sosialisasi dan Gebyar Budaya Literasi, Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS, serta Teknologi Digital. Hari terakhir acara akan ditutup dengan Panggung Performa Bakat dan Kreasi Siswa.

Kegiatan MATSAMA bertujuan untuk mengenalkan lingkungan dan budaya madrasah kepada siswa baru, mulai dari pengenalan profil madrasah, sejarah, fasilitas, tata tertib, tenaga pengajar, hingga keunggulan dan prestasi madrasah. Dengan demikian, diharapkan siswa baru dapat lebih mudah beradaptasi dengan sekolahnya.

Selain itu, MATSAMA juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa bangga dan budaya prestsi dalam diri siswa terhadap madrasah barunya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar siswa sekaligus menjaga prestasi dan nama baik madrasah.

Menurut Muhiban ketika membuka kegiatan, penyelenggaraan MATSAMA sangat penting untuk mempersiapkan siswa baru agar memiliki mental yang lebih siap dalam menerima pembelajaran di madrasah. “Dengan mengenal lingkungan dan budaya madrasah yang baru, yang kita kenal Matansa sebagai madrasah unggulan dan berpretasi, siswa akan lebih siap secara mental dan harus lebih semangat dalam menjalani proses belajar di Matansa,” ujarnya. (is)

 

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN