Orasi dan Debat Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS


Kebumen_Kamis (15/12/2022) di lapangan MTsN 1 Kebumen digelar acara “Orasi Calon Ketua Osis dan Wakil Ketua Osis MTsN 1 Kebumen Masa Jabatan 2023.” Acara orasi dan debat calon Ketua OSIS dilakukan pada pukul 07.30-09.00. Acara  ini diikuti oleh seluruh siswa dan siswi serta bapak/ibu guru MTsN  1 Kebumen.

   Orasi calon ketua dan wakil ketua OSIS disampaikan oleh dua kandidat, yang pertama Paslon Nomor I  Ishanis Salisa Nirbara kelas VII-E dan Muhammad Rizqul Huda kelas VII-D serta Paslon nomor urut II yaitu Maritsa Xaviera Ayu kelas VII-J dan Najwa Lutfia Fitri kelas VIII-J

.Para kandidat inilah yang salah satunya akan terpilih akan menggantikan Ketua dan Wakil Ketua OSIS masa jabatan 2022. Kegiatan orasi ini dilakukan dengan tujuan untuk penentu pengambilan suara oleh warga MTsN 1 Kebumen yang layak terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS. Di dalam orasi juga terdapat adu debat antara kandidat I dan II sebagai bentuk memperkenalkan tentang kepemimpinan calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Acara diawali pembukaan oleh Asyam Puta Rayzan sebagai pembawa acara. Selanjutnya sambutan Kepala MTsN 1 Kebumen  Ibu Fitriana Aenun, S.Pd., M.Ed. Beliau menyampaikan rasa bangganya kepada kedua kandidat calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS baik Paslon nomor I maupun Paslon nomor II, serta memberikan nasihat kepada kedua kandidat untuk terus memajukan dan mengembangkan OSIS MTsN 1 Kebumen

Acara selanjutnya adalah pidato singkat dari Ketua OSIS MTsN 1 Kebumen periode 2022 yaitu Ahmad Zaini Mukhlis. Ahmad menyampaikan beberapa alasan serta cara anggota OSIS memilih dua kandidat tersebut. Di balik pemilihan tersebut para anggota OSIS juga memiliki tujuan dan pemikiran untuk OSIS ke depannya. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian visi misi dan program kerja oleh dua Paslon Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Paslon nomor urut 1 menyampaikan visi membantu madrasah mewujudkan siswa-siswi yang disiplin, meningkatkan prestasi siswa dalam bidang akademik maupun non akademik juga mewujudkan mutu kerja OSIS agar lebih baik dan aktif. Sedangkan Paslon 2 menyampaikan visi untuk menjadikan OSIS sebagai fasilitas siswa untuk menyampaikan harapan, mengembangkan kreativitas, menggali dan mengoptimalkan potensi-potensi dan dan berpartisipasi untuk hal-hal positif, serta meningkatkan IMTAQ dan IPTEK seluruh siswa dengan berlandaskan “JUS AMa”  (jujur, disiplin, adil, dan amanah)

     Setelah penyampain visi dan misi (program kerja), dilanjutkan dengan debat antara Paslon I dan II. Debat dilakukan dengan cara siswa/siswi memberikan pertanyaan kepada kandidat I atau II, lalu dua kandidat akan menjawab pertanyaan yang diberikan secara bergantian. Debat bertujuan untuk menguatkan pikiran para siswa/i untuk memilih diantara kandidat I atau II dengan argumen yang disampaikan oleh jawaban mereka.

Kegiatan Orasi dan Debat ini adalah sebagai ajang untuk memperkenalkan tujuan dari para kandidat paslon nomor urut I ataupun noor urut II. Selain itu, orasi dan debat dilakukan sebelum pemilihan terjadi yaitu pada hari Sabtu, 17 Desember 2022. Rencana untuk pemilihan calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS MTsN 1 Kebumen masa jabatan 2023 dilakukan tidak menggunakan kertas pemilu namun menggunakan media digital, karena MTsN 1 Kebumen merupakan Madasah RISSTEK (Riset, Sains, dan Teknologi). Hasil dari pemilihan tidak bisa diganggu gugat, siapapun yang terpilih itulah hasil demokrasi.

Peliput: Tim Jurnalistik kelas VIII-E 

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN