Lomba Tingkat I Pramuka Gudep MTs Negeri 1 Kebumen


Kebumen_Pramuka Gudep MTs Negeri1 Kebumen melaksanakan satu agenda kegiatan kepramukaan yaitu  LT 1 atau Lomba Tingkat 1. Kegiatan ini dilaksanakan pada  Kamis (23/06/2022), bertempat di halaman madrasah dan Kompleks Gedung Pramuka di Islamic Centre.

Lomba Tingkat 1 ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII, baik program IBS, FDS maupun PK yang berjumlah 280 peserta didik. Sebagai panitia pelaksana adalah anggota Dewan  Penggalang yang merupakan  peserta didik kelas VIII khusus penggalang yang berjumlah 39 anak. Mereka didampingi 15 guru pembina.

Kegiatan Lomba Tingkat 1 diisi dengan mencari jejak (wide games) sebanyak 10 pos dengan berbagai materi yang dikemas untuk menguji dan membekali kemampuan peserta. Berbagai jenis permainan dan keterampilan diujikan pada peserta, baik materi keilmuan maupun pengembangan jiwa sosial kepramukaan.

Dalam sambutannya, Kepala MTs Negeri 1 Kebumen, Sugeng Warjoko selaku Kamabigus memberikan pesan bahwa jiwa pramuka adalah Dasa Darma dan Tri Satya. Nilai-nilai di dalamnya harus dapat diaplikasikan oleh semua anggota Pramuka karena sangat urgen dalam menghadapi perkembangan kehidupan, menguatkan cinta tanah air,  membentuk jiwa yang tangguh, berakhlakul karimah, serta rohmatan lil'aalamiin.

Senada dengan itu, Kak Yakino selaku koordinator kegiatan  berharap agar kegiatan ini menguatkan kembali jiwa dan mental pramuka peserta didik. “Walaupun kegiatan hanya satu hari semoga cukup membekali jiwa dan keterampilan yang akan sangat bermakna bagi peserta,” tegasnya.

Kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus acara pelantikan sebagai Penggalang Rakit bagi peserta didik kelas VII oleh kepala madrasah. (isu)

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN