Harlah Matansa Ke-54, Merawat Tradisi, Menebar Kreasi, dan Mencintai Negeri


Kebumen_Milad Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kebumen yang ke-54 diperingati secara meriah oleh seluruh warga madarsah. Matansa mengadakan acara menyambut hari lahir pada bulan Januari, dari Selasa sampai dengan Jumat (24-27/01/2023). Pusat kegiatan berada di panggung halaman utama.

Berbagai kegiatan dilakukan secara maraton. Diawali dengan kegiatan jalan sehat warga Matansa mengambil rute jalan di Kota Kebumen pada Selasa pagi. Hari berikutnya dilanjutkan dengan lomba  solo song, drama, melukis, got talent, best student dan lomba literasi, yakni menulis resensi dan opini. Lomba diikuti oleh peserta didik mewakili kelas masing-masing. Untuk memeriahkan suasana digelar pula pameran karya peserta didik, dan bazar kuliner dari peserta didik kelas IX. 

Ketua Panitia, Muktamat, M.Si, menyampaikan bahwa tema Harlah kali ini adalah Merawat Tradisi, Menebar Kreasi dan Mencintai Negeri. Peserta didik diberi kebebasan untuk mengepresikan dan mengeksplorasi bakat melalui lagu, tari, budaya daerah, serta mementaskan cerita-cerita rakyat lokal Kebumen.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali kreatifitas peserta didik, baik secara individu maupun kelompok. Disatukan dengan kegiatan pembelajaran Kurikulum Merdeka pada implementasi Proyek Pelajar Pancasila bagi peserta didik kelas VII,” tambahnya.

Sebagai hiburan disediakan undian berhadiah berbagai doorprize, sumbangan dari beberapa sponsor dan guru serta karyawan Matansa. Undian dikhususkan hanya untuk peserta didik dengan hadiah utamanya adalah tabungan BRI senilai 1 juta, 2 juta, dan sebuah sepeda .

Puncak acara dilaksanakan Jumat (27/1/2023), diawali dengan doa mujahadah bersama yang dipimpin oleh Ketua MUI Kebumen, KH. Nursodiq, setelah malamnya diisi dengan lantunan sholawat, dilanjutkan pemotongan tumpeng dan diakhiri pengumuman serta pembagian hadiah bagi para juara.

Copyright © 2019 - 2024 MTs NEGERI 1 KEBUMEN